BoltimEkonomi & BisnisPemerintahan

UMKM Jadi Prioritas Pemdes Bulawan

TUTUYAN, TotabuanExpress.co.id – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) jadi program prioritas Pemerintah Desa (Pemdes) Bulawan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Pernyataan ini disampaikan Penjabat Sangadi Bulawan, Zulkifly Lahay, saat disambangi di ruang kerjanya Sabtu (24/12/2022).

“Saya memang diberi tugas yang berhubungan dengan evaluasi, dari situ saya banyak belajar di lapangan bahwa apa sebenarnya yang masyarakat butuhkan. Setelah dapat mandat ini, satu malam saya buka situs kementerian desa dan saya bicarakan dengan tema-teman di sini (Desa Bulawan,red) saya tidak menyampaikan apa yang saya punya, saya menangkap apa yang mereka beritahu supaya prosesnya lebih cepat. Jadi, kedepannya UMKM nanti jadi prioritas,” ujar Lahay.

Lahay menyebut, hal ini juga punya sinergi dengan kebijakan pemerintah pusat.

“Kebijakan kementerian UMKM itu memang didorong, dan kami punya banyak potensi di sini (Boltim,red). UMKM feedbacknya itu bisa langsung ke-masyarakat, pelakunya adalah masyarakat, kemudian melayani kebutuhan masyarakat, baik kebutuhan dasar maupun kebutuhan tambahan, kemudian inkamnya itu akan langsung ke pelaku usaha itu sendiri,” papar Lahay.

Menurutnya, di Boltim banyak sektor yang bisa digarap, utamanya di Desa Bulawan.

“Di sini ada banyak sektor yang bisa kami garap, karena ada lautan, kebun, dan ada tambang, ada jasa lainnya Insyaallah kalau sudah jalan dan sudah berkembang, oleh pemerintah pintu ini dibuka tinggal kami yang dari desa merintis jalan itu. Kalau jalan sudah jadi kesitu, artinya kami bisa membangun komunikasi untuk mengembangkan UMKM pasti akan direspon, saya yakin pasti akan di respon,” tandasnya. (Rey)

 

Baca Juga :   Personel Koramil Kotabunan Gotong Royong Bersama Warga Bersihkan Material Longsor di Desa Ba'i

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button