BoltimEkonomi & Bisnis

Sunardi Sebut Terbentuknya JUT Ringankan Beban Petani

TUTUYAN, TotabuanExpress.co.id – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) wujudkan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) dan Jaringan Irigasi Tersier (JIT) dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di Tahun 2022.

Hal ini dikatakan Kepala Distan Boltim, Mat Sunardi, Rabu (12/10/2022).

Kata dia, di tahun ini pihaknya baru melakukan kegiatan fisik karena anggaran masih terbatas. “Tahun ini kita baru bisa membangun kegiatan fisik mengingat anggaran yang terbatas karena akan dilakukan penyesuaian,” ujar Sunardi, Rabu (12/10/2022).

Sunardi menyebut dengan terbentuknya JUT dapat meringankan beban para petani dan bisa mengangkut hasil panen mereka.

“Dengan terbentuknya JUT minimal akan berdampak pada kost biaya produksi menurun yang biasanya harus dipikul bahan saprotan ke kebun dengan adanya JUT kendaraan bisa masuk mengangkut sarana produksi hasil panen para petani,” jelas Sunardi.

Sunardi juga mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pemanfaatan Jaringan Irigasi Tersier (JIT) agar air dapat dioptimalkan di persawahan.

“Begitu juga JIT yang kita bangun pemanfaatan air menuju persawahan lebih dapat dioptimalkan dan indek pertanaman meningkat karena bisa diatur alirannya, “tukas Sunardi.

Untuk pembangunan JUT dan JIT, diharapkan akan mendapatkan dana secara bertahap. “Harapan saya semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat petani dan dapat dana yang secara bertahap, kita bangun terus JIT dan JUT,” harap Sunardi.
(Rey)

 

Baca Juga :   Ruas Jalan Kotabunan-Bukaka Putus, Pemdes Kotabunan dan PT ASA Buat Jalan Darurat

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button