BoltimEkonomi & Bisnis

Sunardi: Petani Yang Membeli Pupuk Bersubsidi Harus Terdaftar dan Tergabung Dalam Poktan

TUTUYAN, TotabuanExpress.co.id – Usulan pupuk bersubsidi di tahun 2023 diseriusi Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Melalui Dinas Pertanian (Distan), instasi besutan, Mat Sunardi itu melakukan verifikasi data bagi para petani.

Hal ini bertujuan agar kelompok tani (poktan) yang tergabung harus melengkapi datanya dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK) sesuai syarat yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

“Tujuannya agar petani yang akan tergabung dalam kelompok tani betul petani yang akan membutuhkan pupuk subsidi 2023, karena harus dilengkapi datanya dengan NIK, KK sebab sesuai syarat yang ditetapkan oleh Kementrian Pertanian,” ujar Sunardi, Sabtu (19/11/2022).

Disebutkan, metode dilakukan agar petani yang ingin membeli pupuk bersubsidi sudah terdaftar dan memiliki lahan seluas 2 hektare.

“Dengan metode ini mudah-mudahan tidak ada lagi usulan petani yang salah sasaran, namun dengan catatan bagi petani yang ingin membeli pupuk bersubsidi harus terdaftar dan tergabung dalam kelompok tani, memiliki lahan garapan maksimal dengan luasan 2 hektare dan sasaran hanya pada 9 komoditas saja,” papar Sunardi.

Sunardi menuturkan, kelompok tani yang belum terdaftar dipastikan tidak dapat membeli pupuk bersubsidi karena poktan nantinya akan diberikan kode fikasi dalam sistem.

“Bagi petani yang tidak bergabung dalam wadah kelompok tani maka dipastikan tidak akan dapat membeli pupuk subsidi di tahun 2023  karena semua poktan akan diberikan kode fikasi dalam sistem nantinya. Kalau nama belum terdaftar tidak  bisa beli pupuk tapi pupuk yang tidak disubsidi pemerintah tentu harga lebih mahal dan sesuai harga yang berlaku di pasaran,” tuntasnya.
(Rey)

 

Baca Juga :   Pusran Beeg Daftar ke Partai Nasdem Sebagai Bakal Calon Bupati

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button