BoltimDaerahPemerintahan

Serap Aspirasi Lewat Reses, DPRD Boltim Dapil Satu Ucapkan Terima Kasih Antusias Masyarakat Kecamatan Nuangan

BOLTIM, KabarTotabuan.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Daerah pemilihan (Dapil) I menggelar Reses perdana masa sidang pertama Tahun 2020 di Kecamatan Nuangan. Kamis, (23/01/2020).

Kegiatan Reses yang berlangsung di depan kantor Camat Nuangan tersebut dalam rangka menyerap Aspirasi masyarakat (Asmara) sekaligus dari konstiuen ini di buka langsung oleh Camat Nuangan Sinyo Mamonto.

Dalam sambutannya, Camat Sinyo mengatakan, tentunya kita diminta hadir di reses ini guna menyampaikan apa pun yang menjadi aspirasi kepada DPRD.

“Apa yang menjadi prioritas maupun skala prioritas dari masyarakat sampaikan kepada DPRD. Karena reses ini adalah tempat atau wadah untuk menyampikan aspirasi dari bapak dan ibu,”jelas Sinyo Mamonto.

Camat berharap kepada DPRD, aspirasi yang di sampaikan oleh masyarakat dapat di terima dan dikawal agar apa yang menjadi harapan mereka dapat terealisasi.

“Masyarakat menggantungan harapannya kepada DPRD supaya aspirasi mereka mendapat pengawalan,”harap Camat, sekaligus membuka kegiatan reses DPRD Kabupaten Boltim masa persidangan pertama tahun 2020 Dapil I.

Sementara itu Anggota DPRD Sunarto Kadengkang mewakili Ketua dan Wakil Ketua DPRD. Mengawali sambutan menyampaikan, terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kecamatan sekaligus Pemerintah Desa dan Masyarakat Nuangan atas antusias menghadiri Reses DPRD di awal tahun tersebut.

“Saya, sekaligus Ketua dan Wakil Ketua bersama anggota DPRD menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Nuangan sudah berpartisipasi di dalam pelaksanaan reses. Kemudian apa yang menjadi aspirasi dari bapak dan ibu kiranya dapat di sampaikan i reses ini, kemudian akan kami tampung dan di tindak lanjuti bersama pemerintah daerah,”ucap Kadengkang.

Politik senior asal Nuangan ini mengatakan. Sebagai mana amanat UU tentang kepemerintahan daerah, dimana DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow timur adalah bahagian dari unsur dari penyelenggara pemerintahan daerah.

Baca Juga :   Bupati Sachrul Diberi Gelar Datung Banua

“DPRD diberikan tiga fungsi. Yaitu, Legislasi, Anggaran dan Pengawasan. Tiga fungsi ini yang melekat pada anggota DPRD sehinggah dalam pelaksanaan bagian dari penyelenggara pemerintah daerah, wajib hukumnya untuk melaksanakan reses. Kenapa hal ini dewan lakukan, karena tidak semua maasyarakat mendatangi kami di kantor di tambah adanya kesibukan rapat-rapat maka tidak semua terlayani, sehingga ruang ini sebagaimana di atur dalam undang-undang kami harus turun melaksanakan tugas untuk menyerap, menampung dan menindak lanjuti aspirasi bapak ibu sekalian dan kemudian mempertanggung jawabkan secara moral apa yang hari ini bapak ibu sampaikan. Hal tentu dilakukan dengan berbagai sistem pelayanan kepada masyarakat yang di UU tersebut mengatur tentang tata cara penyerapan aspirasi dengan lewat Musrembang Desa sampai pada tingkat Musrembang Kabupaten. Reses ini DPRD lakukan untuk dapat bersinergi duduk bersama dengan eksekutif untuk menjawab semua keinginginan dari pada masyarakat itu sendiri,”papar Kadengkang.

Lanjut Kadengkang, tujuan akhir dari semua ini bertujuan agar sistem pelayanan, pelaksanaan serta pengawasan baik. Pastinya akan membuahkan hasil yang baik kami yakin dan percaya suatu ketika masyarakat kita akan maju sejahtera dan makmur.

“Jadi ini ada di kita semua bagaimana untuk memajukan daerah dengan sumber pendanaan yang bervariasi. Ada dana bersumber dari Dana Desa,ada yang bersumber dari dana APBD, ada dana dari Provinsi juga dana dari APBN. Sehinggah saat ini masyarakat berlomba-lomba mendapatkan keinginan.namun tentu dengan melihat kondisi dana APBD Boltim maka masyarakat harus memaklumi, apa bila ada keinginan-keinginan dari bapak dan ibu yang belum terakomodir tentunya terkendala dengan minimnya anggaran daerah kita,”bebernya anggota DPRD dari Partai Perindo ini.

Sementara Wakil Ketua DPRD Muhammad Jabir. Menyampaikan, DPRD membutuhkan dukungan moril dari masyarakat semua supaya fungsih ini kami dapat kita laksanakan dengan maksimal.

Baca Juga :   Tim Banggar dan TAPD Bahas APBD Boltim 2020

“Namun pertemuan kita hari ini tidak dapat menyelesaikan semua persoalan, sehinggah perlu komunikasi yang lebih intens antara kita, semoga apa yang menjadi harapan akan berusaha diperjuangkan secara maksimal dan mudah-mudahan segera terealisasidengan cepat,”kata Jabir dari Partai Nasdem.

Sofyan Alhabsy anggota DPRD dari Partai PKB dengan singkat menyatakan. Dalam rangka mengakomodir apa yang di usulkan oleh masyarakat kepala lembaga Legislatif, kami akan menyerap dan kemudian akan di musyawarakan bersama pemerintah daerah.

“Apa yang menjadi aspirasi bapak dan ibu menjadi catatan kami di Lembaga Legislatif untuk diperjuangkan dengan pemerintah daerah,”singkat Alhabsy.

Adapun aspirasi-aspirasi yang di sampikan berbagai macam kebutuhan menjadi skala prioritas. Seperti yang di sampaikan oleh Sangadi Jiko Balanga. Yakni pengaspalan jalan desa jiko balanga, abrasi pantai, pembuatan bronjong, pembangunan jembatan antara Jiko-Poyongan kemudian pengadaan tower telkomsel.

Sedangkan dari Kepala Sekolah  SDN Jiko berharap supaya ada pembuatan pagar keliling ssekolah, dan MCK Sekolah.

Selanjutnya, Desa Matabulu Timur supaya dibangun tanggul penangkal banjir dan air pasang kurang lebih 1 KM, tanggul penangkal tebing sungai, tanggul penahan abrasi pantai sepanjang 550 meter, program RTLH tahun 2017 agar dapat dilanjutkan, dan belum ada sekolah di Desa Matabulu Timur.

Desa Matabulu Induk mengenai tabal batas, pembangunan bronjong lanjutan sepanjang 700 meter, dan pemasangan lampu penerang jalan.

Selain itu apa yang menjadi kebutuhan dari masyarakat yang ada 11 desa di Kecamatan berharap melalui reses DPRD ini dapat mengawal dan mengakomodir kebutuhan-kebutuhan yang menjadi skala prioritas mereka mulai dari masalah infrastruktur, pendidikan, kesehatan serta fasilitas umum.

Lain lagi Mahasiwa,dikesempatan itu mereka meminta kepada Pemerintah daerah supaya menyediakan asrama paten. Karena asrama yang saat ini pemerintah boltim sediakan masa waktu sewa kontraknya akan selesai.

Baca Juga :   Respons Cepat, Camat Kotabunan Pimpin Kegiatan Kerja Bakti di Pasar Kotsel

Reser di Kecamatan Nuangan ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Muhammd Jabir, anggota DPRD Samsudin Dama, Richi Haji Ali, Sunarto Kadengkang, Sofyan Alhabsy, Revvy Lengkong, Camat Nuangan Simon Mamonto, Sekretaris Dewan (Sekwan) Boltim, Ade Herly Mokoginta,  Kaban BPBD Elvis Siagian, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Yusri Dampolii, Kadis Perikanan Erna Mokodongan, kaban Kesbangpoln Udel simbala, Sekeretaris Dinas Pertanian, Sekretaris Dinas PUPR Yanto Modeong, Dinas Kominfo, Kepala Puskesmas Nuangan Elvira Paputungan, Sangadi se-Kecamatan Nuangan, Perangkat Desa dan Ibu-ibu Majelis Taklim, Mahasiswa dan Masyarakat.

(Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button