BoltimEkonomi & Bisnis

Pot Bunga Dari Batok Kelapa Bakal Jadi Ikon di Desa Paret

KOTABUNAN, TotabuanExpress.co.id
Pemerintah Desa (Pemdes) Paret, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar pelatihan kerajinan batok kelapa dan pengolahan pala manis, bertempat di Balai Desa Paret, Selasa (17/12/2019).

Kegiatan yang didominasi oleh ibu-ibu itu, menghadirkan narasumber dari Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdangkop UKM) Boltim, Ramlah Mokodompis.

Selaku narasumber, pada kesempatan itu Ramlah mengatakan,bahwa produk batok kelapa bisa memberi nilai tambah bagi ibu-ibu PKK Desa Paret. Menurutnya, kedepan jika produk tersebut bisa berkembang minimal ibu-ibu di desa tersebut yang memakai sehingga ada kreatif yang muncul dari mereka.

“Karena Paret adalah desa binaan saya, maka saya menghimbau, pemberdayaan seperti ini ada pelatihan minimal ada nilai tambah ke masyarakat. Mudah-mudahan pot bunga yang terbuat dari tempurung akan menjadi ikon di Desa Paret,” kata Ramlah.

Terkait tanaman Pala lanjut Ramlah, ini menjadi salah satu komuditas ekspor dan semua bisa dimanfaatkan.

“Silahkan tanam Pala jika komoditas ini punya pendapatan yang bagus, sebab tanaman Pala, itu tidak terlalu banyak perawatan,”  tutur Ramlah.

Ramlah juga menjelaskan tentang cara pembuatan pala manis dan pembuatan selai yang terbuat dari Pala.

“Kedepan saya akan mencoba membuat selai dari Pala supaya ada ciri khas dari Desa Paret. Jadi akan muncul beberapa jenis olahan Pala. Dan jika hal ini ditekuni oleh ibi-ibu PKK Desa Paret, prospeknya juga baik. Tapi ingat, labelnya harus ada,” sebut Ramlah.

“Kedepan saya akan mengundang industry dari provinsi yang bisa melati tentang pengolahan Pala Manis,” tuntasnya.

(zha)

Baca Juga :   Penjabat Eselon ll dan lll Boltim Lakukan Swab

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button