BoltimPemerintahan

Perangi DBD, Camat Kotabunan Gencarkan Kebersihan Lingkungan

TUTUYAN, TotabuanExpress.co.id – Menindaklanjuti surat dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kotabunan tentang Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Pemerintah Kecamatan Kotabunan gencar melakukan kerja bakti.

Memerangi kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah tersebut jadi tujuan. Hal ini dikatakan Camat Kotabunan, Idrus Paputungan, SPd., saat bersua dengan media ini, Jumat (16/9/2022).

“Ada surat dari Puskesmas tentang pemberantasan sarang nyamuk. Menindaklanjuti surat dari Puskesmas itu, maka dilakukan kerja bakti.
Saya bilang sama kadis boleh tidak dilakukan fogging, kadis bilang boleh, cuma kalau kalau sarangnya tidak diberantas, induknya mati tapi jentik-jentik dan telurnya masih ada. Ketika ini tidak diatasi akan lebih berat. Jadi langka awal itu PSN. Sumur-sumur di Lorong Amu, diberikan abate,” ujar Paputungan.

Camat menambahkan, surat yang dilayangkan pihak Puskesmas Kotabunan, lantaran adanya kasus DBD. Ia pun berharap PSN terus dilakukan agar tidak timbul kasus baru.

“Surat dari Puskesmas itu, karena adanya kasus DBD, dan memang camat berharap minggu ke depan itu PSN terus berjalan agar tidak timbul lagi kasus baru. Sehingga di rapat koordinasi saya bilang jangan cuma hari Jumat usahakan dalam minggu ini harus jalan, entah hari Senin mereka mulai lagi, karena itu lebih penting daripada fogging,” terang Paputungan.

Mantan Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Keselamatan Dinas Perhubungan ini menegaskan, khusus Desa Bulawan bersatu dan Kotabunan bersatu, Sangadi dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus libatkan masyarakat dalam melakukan kebersihan lingkungan.

“Sudah ditegaskan kepada Sangadi dan BPD, tokoh masyarakat, libatkan semua masyarakat jangan cuma aparat yang kerja bakti, masyarakat bersihkan juga lingkungannya. Ini masalah kita, masalah kemanusiaan, masalah kesehatan masyarakat, jadi tokoh masyarakat dan BPD harus mensupport serta mengedukasi masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga :   SDN 1 Bukaka Dorong Pengembangan Keahlian Diberbagai Bidang Kreativitas Siswa

Ditegaskannya pula bahwa jentik-jentik DBD di Kecamatan Kotabunan harus diperangi habis-habisan.

“Timbulnya jentik-jentik demam berdarah kita harus perangi habis-habisan. Ini sudah perang tidak boleh hanya program Jumat Bersih biasa. Itu yang jadi skala prioritas minggu ini,” tandasnya. (Rey)

 

 

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button