Religi

Pengadilan Agama Boltim, Tangani 70 Persen Kasus Gugatan Perceraian

TUTUYAN, TotabuanExpress.co.id – Sejak beroperasi pada Bulan November Tahun 2018,  Kantor Pengadilan Agama Bolaang Mongondow Timur (Boltim), sudah sekitar 70 persen kasus gugatan perceraian yang ditangani.

Kepala Pengadilan Agama Boltim, Mashudi S.ag mengatakan, perkara perceraian tahun ini sudah sekitar 70 persen, rata-rata penggugat kebanyakan dari perempuan.

“Dari perkara percerain, sudah sekitar 70 persen kebanyakan penggugat dari isteri. Dan yang paling dominan pemicu dari gugatan tersebut yaitu perselingkuhan dimana ada sekitar 50 persen. Kedua yaitu dipicu minumanan keras, dan  Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Tapi KDRT minim,” terang Mashudi, Selasa (22/10/2019) saat di konfirmasi.

Menurutnya, Jika bercerai harus beralasan sebab agama melarang tentang perceraian.

“Cerai ini harus beralasan.Tidak boleh orang bersepakat cerai karena di agama itu tidak boleh. Boleh cerai tapi kondisinya darurat,” terangnya.

Dia menambahkan, tugas dari exsekutif membina masyarakat kita utamanya ada pembinaan dakwa dan pendidikan agama. Sehingga sejak dini hari harus di cegah.

“Kalau saya pribadi hanya menerima perkara yang di ajukan. Ketika ada perkara kita periksa,” ujarnya, sembari mengimbau, masyarakat harus taat hukum biar kalau ada persoalan di kemudian hari ada perlindungan hukum. (rey)

 

Baca Juga :   GMIM Gloria Taratara Gelar Pelantikan dan Serah Terima Pelayanan Ketua BPMJ

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button