BoltimPemerintahanPendidikan

Paputungan Pastikan Tahun Depan Ada Bibliotek di Setiap Kantor Desa

TUTUYAN, TotabuanExpress.co.id – Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun depan akan menyediakan perpustakaan di setiap kantor desa yang ada di Boltim.

Itu ditandai dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) oleh Dinas Perpustakaan Daerah dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Boltim, Suharto Paputungan, saat diwawancarai media ini belum lama.

“Kalau kami MoU-nya dengan DPMD karena dia yang membawahi desa-desa. Jadi rencana ke depan setiap desa ada perpustakaan di setiap kantor desa dan harus ada pojok baca di setiap desa, sebab kami sudah ada bunda literasi sehingga Insyaallah tahun depan kami juga akan lantik bunda literasi tingkat kecamatan dan tingkat desa supaya konek kegiatan literasi untuk sosialisasi ke masyarakat,” kata Paputungan.

Mantan Kabag Tapem ini menyebutkan, untuk kegiatan sosialisasi akan dilakukan di setiap sekolah dan menyasar masyarakat di Kabupaten Boltim.

“Jadi kegiatan sosialisasi bukan hanya di sekolah-sekolah, tapi di masyarakat juga,” tambahnya.

Ditanya jumlah desa yang sudah memiliki perpustakaan, Eks Camat Tutuyan ini mengaku jika sudah tiga desa yang memiliki bibliotek.

“Sampai hari ini sudah ada tiga desa yang ada perpustakaan, Desa Togid, Desa Sumberejo dan Modayag. Desa ini yang sudah siap termasuk sudah ada buku. Karena ada MoU dengan DPMD, maka DPMD sudah menganjurkan kepada pemerintah desa setiap desa harus ada perpustakaan desa,” tuntas mantan Kadis Perizinan Boltim ini. (Rey)

 

 

 

Baca Juga :   Bupati Boltim Ajak Masyarakat Jaga Stabilitas Keamanan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button