Advertorial

Mooat Horti and Culture Festival Sukses Digelar, Bupati Sachrul: Efek Pergerakan Ekonomi Cukup Besar Lewat Kegiatan ini

TUTUYAN, TotabuanExpress.co.id – Mooat Horti and Culture Festival (MHF) tahun 2022, sukses digelar. Kegiatan yang dihelat di lapangan olahraga Desa Guaan, Kecamatan Mooat, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) itu, berlangsung meriah, Sabtu (8/10/2022).

Puncak kegiatan MHF semakin meriah ketika Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto didampingi Ketua TP PKK Seska Ervina Budiman tiba di lokasi pelaksanaan dan langsung disambut dengan tarian Kabasaran adat Minahasa serta menampilkan karnaval hasil pertanian dan parade drum band.

Dalam sambutannya Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa kegiatan MHF sebagai wujud ungkapan syukur atas hasil pertanian warga di wilayah Kecamatan Mooat.

Orang Nomor Satu Boltim ini menyampaikan bahwa budaya adalah perekat bangsa sekaligus menjadi warisan kekayaan sejarah yang harus dilestarikan secara turun temurun.

“Sebagaimana tema kegiatan, horti artinya kekayaan hasil bumi melimpah dan culture adalah sebuah budaya yang diwariskan secara turun temurun dan melalui kegiatan ini kita bisa melihat keindahan alam dan keberagaman di Boltim,” ujar Sachrul.

“Merawat budaya adalah kewajiban kita semua. Beberapa waktu lalu, camat dan beberapa sangadi datang ke saya melaporkan bahwa akan ada kegiatan pengucapan. Kemudian saya mengatakan kalau boleh dilaksanakan full adat Minahasa,” tuturnya.

Disebutkan bahwa bahwa festival ini memberikan dampak positif di berbagai sektor. Baik promosi pariwisata hingga perputaran ekonomi masyarakat.

“Bayangkan berapa banyak masyarakat yang datang menyaksikan acara ini, mereka membelanjakan uang mereka di sini, itu artinya ada efek pergerakan ekonomi yang cukup besar lewat kegiatan ini. Pun halnya dengan sektor pertanian masyarakat di Kecamatan Mooat yang sudah menghasilkan banyak uang lewat hortikulturanya dan itu menjadi sumbangsih bagi negara dan daerah, sehingga patut disyukuri ini sebuah kebanggaan bagi masyarakat Kecamatan Mooat bahwasannya Boltim menyimpan kekayaan alam dan daya tarik,” ungkapnya.

Baca Juga :   Berikan Kemudahan Bagi Sangadi dan Perangkat Desa, BSG Tutuyan Bersama Pemkab Boltim Teken MoU

Pucuk pimpinan Boltim ini juga menitipkan pesan kepada masyarakat Boltim lebih khusus Kecamatan Mooat untuk terus merawat persatuan dan kesatuan.

“Kebersamaan harus tetap kita jaga, persatuan di atas segalanya. kepentingan boleh berbeda tapi ada yang harus kita jaga yakni membangun daerah untuk anak cucu kita,” pintanya.

“Tahun ini memang yang pertama, berikutnya saya berharap festival ini akan lebih meriah lagi, bahkan jika perlu seluruh masyarakat di Mooat diwajibkan menggunakan pakaian adat dalam acara seperti ini,” sambung bupati.

Diakhir sambutan, Bupati menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada seluruh panitia serta pihak yang terlibat, hingga Mooat Horticulture Fest tahun 2022 dapat terselenggara dengan sukses.

“Terima kasih, acara terselenggara dengan baik, mudah-mudahan kita akan bertemu lagi tahun-tahun kedepannya dengan acara yang sama dan lebih meriah lagi. Mari bersama kita lestarikan budaya dan terkait pertanian saya yakin dan percaya keuletan masyarakat Kecamatan Mooat dalam bertani bisa menjadi contoh bagi petani di daerah lain,” tuntasnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Boltim, Wadir Intelkam Polda Sulut AKBP Irham Halid, SIK., unsur Forkopimda, sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim, Sekda Boltim, para asisten, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat, dan Sangadi (kepala desa). (*/Rey)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button