BoltimPemerintahan

Distan Boltim Kembali Lakukan IB Pada Ternak Sapi

TUTUYAN, TotabuanExpress.co.id – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melakukan program Inseminasi Buatan (IB) pada ternak sapi sebanyak 300, Rabu (5/10/2022).

Langkah tersebut dilakukan untuk Mengikuti target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Distan Boltim, Mat Sunardi, mengatakan, di bulan September pihaknya sudah menggenjot program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) untuk membantu ketersediaan protein hewan di wilayah Kabupaten Boltim.

“Di bulan September telah tercapai sebanyak 481 IB. Ini adalah upaya Dinas Pertanian Boltim menggenjot agar program Sikomandan sapi dan kerbau komoditas andalan negeri dapat tercapai guna membantu ketersediaan protein hewani di daerah,” ujar Sunardi.

Dijelaskannya, program Sikomandan sudah direncanakan sejak Tahun 2022 oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan-RI) kepada peternak sapi.

“Sikomandan adalah inovasi program yang direncanakan sejak Tahun 2020 oleh Kementrian Pertanian RI mulai memberikan hasil dan diterima oleh para peternak sapi. Jadi kita tidak lagi mengandalkan bibit dari sapi pejantan tapi memanfaatkan sperma pejantan yang dibekukan dan dilakukan injeksi pada sapi betina,” papar Sunardi.

Kadis berharap program tersebut mendapatkan dukungan pendanaan, sebab masih banyak sarana yang dibutuhkan.

“Harapan ke depan agar mendapatkan dukungan pendanaan karena masih banyak sarana yang kita butuhkan untuk percepatan program ini, antara lain kandang jepit mobile, termos penyimpan semen beku sperma N2, dan operasional,” tutupnya. (Rey)

 

Baca Juga :   Nakhodai Ketua Karang Taruna, Jubair Bicara Soal Pergerakan Ke Depan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button