BoltimPemerintahanRagam

Distan Boltim Berikan Edukasi Penanganan PMK Ke Peternak Sapi

TUTUYAN, TotabuanExpress.co.idSosialisasi dan edukasi kepada para peternak dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Bekerjasama dengan Dinas Peternakan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), instansi besutan Mat Sunardi itu, menyasar peternak sapi di wilayah Kecamatan Modayag.

Kepala Dinas Pertanian Boltim, Mat Sunardi, berujar, langkah tersebut dilakukan mengingat populasi hewan ternak sapi untuk tahun ini sudah terlalu banyak sehingga akan dilakukan pencegahan dengan cara melakukan vaksinasi secara bertahap.

“Untuk mengantisipasi serangan penyakit sapi, para peternak akan diberikan vaksinasi secara bertahap sebagaimana vaksinasi pada kasus Covid-19 untuk memberikan daya tahan dan imun pada hewan ternak sapi,” ujar Sunardi, Kamis (3/11/2022).

Sunardi mengatakan, para peternak harus menjaga kebersihan kandang dan melakukan suntikan anti biotik pada ternak sapi dan memberikan asupan gizi yang cukup agar terhindar dari Penyakit Mulut dan Kukuh (PMK).

“Hal ini salah satu upaya pencegahan, namun yang utama peternak perlu menjaga kebersihan kandang sapinya, juga penyemprotan dengan anti biotik dan pemberian makan yang sehat dan cukup. Dengan langkah ini insyaallah Boltim terhindar dari ancaman PMK,” tutur Sunardi.

Sunardi menambahkan, sebagai instansi teknis, pihaknya wajib memberikan edukasi lebih awal agar dipahami petugas dan peternak.

“Kita sebagai instansi teknis berkewajiban memberikan edukasi lebih awal dan dipahami oleh para petugas dan peternak,” tuntasnya. (Rey)

 

Baca Juga :   Dinas PUPR Boltim Terima Kunker Komisi II DPRD Tomohon

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button