BoltimFeature

Demi Menyambung Hidup, Apapun Dikerjakan Jovan

Oleh: Matt Rey Kartorejo

Demi menyambung hidup, apapun dikerjakan asalkan makan dan bisa menghasilkan uang. Begitulah hidup yang dilakoni Jovan Mokoginta.
Anak yatim piatu ini tinggal di Dusun 4 Desa Kotabunan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Jovan menceritakan, waktu masih duduk di kelas 5 Sekolah Dasar (SD), bapaknya meninggal dunia sehingga ia behenti sekolah untuk membantu ibunya.

“Kelas 5 SD saya sudah berhenti sekolah. Itu kemauan saya sendiri karena orang tua saya sudah tidak mampu menyekolahkan saya, dan juga saya mau membantu ibu saya,” kata Jovan.

Peristiwa pahit kembali dialami anak kelahiran Kotabunan, 8 November 2003 ini. Setelah kepergian ayahnya untuk selama-lamanya, ibunya menyusul meninggalkan dunia ini. Hal itu membuat ia merasa terpukul.

“Waktu ibu meninggal, aku tak tahu harus bagaimana karena aku belum tahu mencari uang sendiri seperti orang lain,” tutur Jovan dengan mata berkaca-kaca.

Semenjak kepergian kedua orang tuanya, ia tinggal dengan kakaknya di Desa Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Bertahun-tahun di daerah yang berbatasan dengan Boltim itu, akhirnya ia memutuskan kembali ke Desa Kotabunan dan tinggal dengan tantenya. Aktivitas Jovan setiap hari, mencuci pakaian, cuci piring dan menyapu halaman rumah.

Saat ini Jovan sudah menginjak usia 16 tahun. Ia mulai kerja di tambang emas, Ratatotok. Meski sudah bisa mencari nafkah sendiri, Jovan tetap melakukan aktivitas biasa di rumah tantenya sebelum melangkahkan kaki mencari rejeki.

“Sebelum pergi ke tambang, saya cuci pakaian dulu, mengambil air dan menyapu serta cuci piring, baru saya berangkat ke tempat kerja,” ungkapnya.

Bekerja di daerah pertambangan, cukup lumayan. Setiap 3 hari ia bisa meraup uang Rp 500 ribu. Itu hasil dari mendulang ampas pasir di salah satu lokasi tambang. Uang yang ia dapatkan, bisanya sebagian diberikan ke tantenya, dan sebagian lagi ia pakai untuk kebutuhan sehari-hari. (*)

Baca Juga :   Mokoagow: Besok Kegiatan Vaksinasi Moderna di Kotabunan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button