BoltimKesehatan

Cegah DBD, Pemdes Kotabunan Bersama Karang Taruna Akan Kembali Lakukan Pembersihan Lingkungan

TUTUYAN, TotabuanExpress.co.id – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)

di Desa Kotabunan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus diperangi.

Itu terlihat saat Pemerintah Desa (Pemdes) Kotabunan bersama Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) turun langsung di titik-titik yang rawan berkembangnya nyamuk DBD. Bantaran sungai yang ada di antara Desa Kotabunan dan Bulawan pun jadi sasaran untuk dilakukan pembersihan.

“Jadi minggu kemarin pemerintah sudah turun bersama Puskesmas Kotabunan dan melakukan PSN Pemberantasan Sarang Nyamuk khususnya nyamuk DBD. Dan kemarin daerah dusun empat dan bantaran sungai yang ada di antara Desa Kotabunan dan Bulawan sudah dilakukan kerja bakti, bikin pembersihan di situ,” ujar Sangadi Kotabunan Ahmad Damopolii, melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Andini Paputungan, Rabu (21/9/2022).

Demi mencegah kasus DBD yang baru, Sekdes berharap masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

“Harapan kami pemerintah desa, masyarakat sama-sama menjaga kebersihan. Dan kami menghimbau untuk pembuatan tempat sampah di setiap kepala keluarga. Jadi satu rumah, satu tempat sampah yang berukuran satu kali satu meter,” pinta Paputungan.

Menurutnya, sampah rumah tangga bisa dikelola dan untuk sampah kering langsung dibakar di dalam bak sampah.

“Sampah-sampah rumah tangga bisa dikelola, untuk sampah kering bisa langsung dibakar di dalam bak sampah,” tambah Sekdes.

Sekdes menyebut, untuk pembuatan bak sampah boleh di buat di belakang rumah, dan bisa juga di depan rumah, tergantung lahan.

“Tempat sampah tergantung lahan. Kalau lahan sedikit besar boleh buat di belakang dan boleh juga di depan rumah, minimal ada tempat sampah,” tutur Sekdes, sembari mengatakan
pihaknya akan turun kembali pada hari Jumat bersama karang taruna,” tandasnya. (Rey)

 

Baca Juga :   TP-PKK Desa Bulawan Matangkan Persiapan Lomba Gerak Jalan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button