Advertorial

Bupati Bolsel Hadiri Upacara Keagamaan Pemelaspasan Pura Amertha Segara

BOLAANG UKI, TotabuanExpress.co.id – Bertempat di Pura Amertha Segara Kompleks Perkantoran Panango Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), telah dilaksanakan Upacara Keagamaan Pemelaspasan Pura Amertha Segara Minggu (22/12/2019).

Pantauan media ini, acara dimulai dengan ucapan selamat datang
dan laporan Ketua Panitia Pelaksana Upacara Pemelaspasan Pura Amertha Segara, oleh I Dewa Gede Adijaya, S.Pt.

 

Pada kesempatan itu, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru S.Pt dalam sambutannya mengatakan bahwa dua tahun Pemkab Bolsel telah membangun sarana ibadah baik itu Masjid, Gereja termasuk juga Pura yang diberi nama Pura Amertha Segara.

“Tentunya dengan harapan agar kita dapat memelihara dan menjaga kerukunan hidup beragama dan terutama meningkatkan kualitas keimanan segenap masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan,” kata Bupati.

Menurut Bupati, dengan Visi Religius, Pemkab Bolsel ingin mengedepankan Toleransi dalam tatanan masyarakat serta mewujudkan segala tata kehidupan dan regulasi pembangunan yang diarahkan bagi kesejahteraan masyarakat dengan niat ibadah, mengabdi kepada Tuhan YME serta menjaga hubungan baik dengan sesama Manusia.

“Oleh karenanya, jika dilihat dari kuantitas umat hindu di Kabupaten Bolsel, dapat dikatakan sangat sedikit, namun pemerintah daerah ingin berdiri ditengah-tengah semua agama,” sebut Bupati.

“Selamat melaksanakan Upacara Pemelaspasan Pura Amertha Segara, sehingga dengan demikian dapat segera digunakan oleh umat hindu Bolsel maupun dari luar Bolsel untuk melakukan persembahyangan dan peribadatan sesuai dengan keyakinan umat hindu,” tutup Bupati.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR-RI Hi. Herson Mayulu, S.I.P yang turut hadir dalam kegiatan itu, dalam sambutannya mengatakan bahwa
Pembangunan Pura sangat didambakan oleh umat Hindu Kabupaten Bolsel tentunya tidak lepas dari Kerja Keras Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Jajarannya.

Baca Juga :   Kelompok Nelayan Kembali Terima Bantuan Dari Pemda Boltim

“Semoga ini menjadikan bukti komitmen Pemerintah Daerah dalam menjaga, mendukung dan melindungi hak beribadah umat hindu di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan,” ucap Herson.

“Selamat kepada umat Hindu sekalian yang segera akan dapat menggunakan Pura ini untuk beribadah, tidak saja untuk Program PISB setiap hari Jumat, tetapi juga untuk kegiatan-kegiatan keagamaan umat Hindu lainnya,” sambungnya.

Menurut Herson, Upacara Pemelaspasan ini bertujuan untuk membersihkan dan mensucikan Pura baru ini secara niskala sebelum digunakan oleh umat Hindu dengan harapan bahwa akan tercipta ketenangan dan kedamaian bagi umat pada saat melaksanakan Persembahyangan di Pura tersebut.

“Saya juga berharap dengan adanya Pura ini semakin mempererat persaudaraan diantara intern umat Hindu, bahkan dapat mempererat hubungan persaudaraan dengan umat lain serta meningkatkan toleransi di Kabupaten tercinta ini” tuturnya.

“Mari sama-sama kita tingkatkan kualitas keimanan kita, kebersamaan dan gotong-royong demi kemajuan Bolsel,” pintahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut
Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, Sekretaris Daerah Marzanzius Arvan Ohy, S.STP,
Staf khusus/staf ahli,
Para Asisten Sekda Kabupaten Bolsel, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),
Ketua Parisada Hindu Dharma Provinsi Sulawesi Utara Ir. Suryoni, MT, Kapolsek Bolaang Uki AKP Suharno. Kapolsek Pinolosian AKP Budi Priyanto, Para Ida Pedanda, Ida Pandita dan Pinandita Pemungut Karya, Umat Hindu Se-Bolaang Mongondow Raya.
(Tim/ME)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button