BoltimPemerintahan

Bersama BPS Distan Boltim Lakukan Sensus Pertanian Serentak

TUTUYAN, TotabuanExpress.co.id – Dalam rangka melaksanakan agenda nasional ke-10 tahun, Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan sensus pertanian serentak di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Mat Sunardi mengatakan BPS perlu mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda).

“Berkaitan dengan hal itu BPS perlu mendapatkan masukan dan dukungan dari pemerintah daerah dan instansi teknis di kabupaten kota, sehingga pada kesempatan ini BPS mengundang para petugas lapangan penyuluh, operator input data dan manteri pertanian,” kata Sunardi, Sabtu (3/12/2022).

Sunardi menuturkan bahwa pihaknya mendapatkan undangan sekaligus menjadi pemateri dan memberikan konsep pemikiran dalam berbagai aspek, fungsi untuk para petani.

“Dinas pertanian Boltim dapat undangan sekaligus menjadi salah satu pemateri dalam pertemuan itu sehingga bisa memberikan konsep pemikiran dalam mensukseskan ST-2023 nanti” jelasnya.

“Adapun harapan BPS dengan adanya sensus pertanian setiap 10 tahun sekali antara lain diperolehnya struktur sektor pertanian dalam berbagai aspek baik kondisi petani, lahan pertanian, laju alih fungsi, kelembagaan tani, dan kondisi sektor pertanian secara mikro,” sambungnya.

Sunardi menyebutkan informasi data bahan perumusan, kebijakan Stack Holder dari pemerintah pusat untuk menunjang sektor pertanian di daerah karena masih tercatat sebagai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

“Mendapatkan informasi data yang terupdate sebagai bahan perumusan kebijakan stack holder di pusat dan daerah menunjang sektor pertanian secara umum karena masih tercatat sebagai penyumbang PDRB yang signifikan,” kunci Sunardi. (*/Rey)

 

Baca Juga :   Puluhan Dus Masker Milik Dinkes Boltim Hilang di Gudang Penyimpanan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button