BoltimPendidikan

Ambarak: Pembuatan KIA di Boltim Capai Target

TUTUYAN, TotabuanExpress.co.id – Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), capai target.

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI) Nomor 2 Tahun 2016, pembuatan KIA harus 40 persen, Kabupaten Boltim sudah mencapai 40 persen lebih.

“Untuk target dari Kementerian 40 persen dan Boltim sendiri pembuatan KIA dari tahun lalu sudah mencapai 40,94 per tanggal 30 Desember 2022. Artinya sudah mencapai terget,” kata
Kepala Dinas Dukcapil Boltim, Subari Manangin, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendaftaran Penduduk, Vira Ambarak, Senin (16/1/2023).

Ia juga menjelaskan tentang persyaratan pembuatan KIA dan berkas yang wajib dilengkapi.

“Persyaratan pembuatan Kartu Identitas Anak, itu ada foto copy Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan pas foto 2 kali 3 warna. Pembuatan KIA ini sudah berlaku sejak beberapa tahun lalu, cuman kendalanya mesin rusak,” beber Ambarak.

Ambarak juga menuturkan tentang manfaat KIA. “Manfaat KIA kalau di sekolah luar Boltim misalnya masuk sekolah baru SD, SMP, SMA, persyaratannya wajib dilampirkan dan itu boleh langsung masukan KIA. Sebab, apa yang tertera di KIA sudah lengkap,” tuntasnya. (Rey)

Baca Juga :   Pimpin Musrenbang Kabupaten, Bupati Sehan Tegaskan Pengelolaan Anggaran Harus Berdampak Pada Kepentingan Publik

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button