BoltimEkonomi & Bisnis

Akses Ke Sentra Pertanian Dilakukan Perbaikan, Sunardi: Tujuannya Agar Angkutan Hasil Pertanian Lebih Mudah

TUTUYAN, TotabuanExpress.co.id – Akses ke sentra pertanian dilakukan perbaikan oleh Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun 2022, Dinas besutan Mat Sunardi ini, melakukan perbaikan jaringan irigasi tersier di Kecamatan Modayag dan Desa Moat.

Kepala Dinas Pertanian Boltim, Mat Sunardi berujar, langkah tersebut dilakukan untuk mempermudah angkutan sarana produksi para petani.

“Pembangunan ini bertujuan agar akses ke area lahan pertanian akan lebih mudah untuk angkutan sarana produksi maupun hasil pertanian begitu pula pada perbaikan jaringan irigasi tersier yang menjadi kewenangan dinas dibangun agar air dapat diatur untuk areal persawahan,” kata Sunardi, Senin (7/11/2022).

Mantan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Boltim ini menyebut pihaknya akan meningkatkan produktivitas Jalan Usaha Tani (JUT).

“Insya Allah apa kita bangun dapat dimanfaatkan oleh para petani dan meningkatan produktivitas pertanian, karena untuk mewujudkan JUT, JIT,” jelas Sunardi.

Sunardi menambahkan ini merupakan sarana yang harus dipenuhi seperti bibit unggul dan pupuk serta menyediakan alat pengolah lahan petani.

“Ini merupakan bagian dari sarana yang harus dipenuhi di samping itu baik juga untuk ketersediaan bibit unggul, pupuk yang cukup, obat-obatan dan alat pengolah lahan pasca panen,” tuntasnya. (Rey)

 

Baca Juga :   Paputungan: Jika Sudah Disetujui Pendamping Desa, Pantai Bubuan Siap di Laonching

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button