Feature

Air Terjun Dodandian Matabulu Miliki Panorama Alam Bernilai Estetika Tinggi

Oleh: Matt Rey Kartorejo

Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), miliki aneka ragam destinasi wisata yang sangat indah. Diantaranya Jikoport, Danau Tondok, Filla Mooat, dan masih banyak lagi dimana semuanya tergolong sudah mendunia. Ada lagi satu tempat yang belum dikenal luas masyarakat umum yang tak kalah memukau dengan pesonanya.

Adalah Air Terjun Dodandian yang terletak di Desa Matabulu, Kecamatan Nuangan.

Air terjun ini memiliki panorama alam bernilai  estetika tinggi. Lokasinya berjarak kurang lebih 1 Km dari jalan raya. Obyek wisata alam ini masih terjaga kealamianya. Bagi yang haus akan keindahan alam, tempat itu layak dijadikan referensi untuk memanjakan mata. Apalagi komposisi alamiahnya, seperti pepohonan, batu-batu besar dan air jatuh menjulang tinggi pasti memberi relaksasi bagi pengunjung.

Menurut pemerintah desa setempat, nama ‘Dodandian’ berasal dari bahasa Mongondow yang artinya perjanjian. Sebelumnya air terjun ini bernama Pangko’on yang berarti tinggi. Akan tetapi, antara pemerintah kabupaten yang saat itu belum mekar, menjadi Boltim memiliki satu perjanjian untuk membahas masalah air terjun. Kala itulah, nama Pangko’an dirubah menjadi Dondandian.

Untuk meningkatkan  dan menarik minat wisatawan, pemerintah desa setempat berharap instansi terkait bisa lebih peduli. Tentunya bisa memperhatikan dan memfasilitasi tempat wisata tersebut utamanya akses jalan yang belum tertata agar air terjun Dodandian bisa lebih dikenal masyarakat luas, para pecinta alam dan wisatawan, sehingga bisa diekspos dan bisa menjadi salah satu tempat wisata favorit. (…)

 

 

 

 

Baca Juga :   Buffon dan Akselerasinya di Bawah Mistar Gawang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button