RAJA AMPAT, TotanuanExpress.co.id – Dandim 1805/Raja Ampat Letkol Inf Stevie Joan Klots memimpin langsung prosesi pemakaman jenazah anggota Yonzipur 20/PPA Sertu Anumerta Miskel Rumbiak yang meninggal di Distrik Aifat Timur Tengah Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

Pemakaman Sertu Anumerta Miskel Rumbiak dilaksanakan dikampung halamannya di Kampung Friwen Distrik Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Jumat (21/01/2022).

Prosesi pemakaman yang dilakukan dalam upacara militer tersebut, diiringi isak tangis keluarga dan ratusan warga Kampung Friwen yang turut hadir.

Sertu Anumerta Miskel Rumbiak meninggal saat melaksanakan tugas perbaikan salah satu jembatan di Distrik Aifat Timur Tengah, Kabupaten Maybrat dan mendapat kontak tembak oleh kelompok separatis bersenjata di Kabupaten Maybrat, Papua Barat, pada hari Kamis pagi (20/01/22).

Almarhum Sertu Anumerta Miskel Rumbiak merupakan putra ke empat dari Bapak Eliezer Rumbiak dan Ibu Petrusina Sauyai yang lahir di Yenbeser pada tanggal 13 Mei 1999.

Kapten Czi Deny Yudi Yulianto Wadanyonzipur 20/PPA mewakili satuan menyampaikan ucapan bela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan, Kami bangga kepada orang tua dan keluarga yang telah membersarkan dan mendidik almarhum.

Dalam kesempatan yang sama Dandim Raja Ampat menegaskan, insiden yang mengakibatkan gugurnya Sertu Anumerta Miskel Rumbiak dan mengakibatkan tiga prajurit luka berat memberikan duka yang sangat mendalam untuk seluruh jajaran TNI.

“Upacara militer dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan negara dan TNI atas jasa, dharma bakti dan pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa semasa hidupnya,” ujar Dandim.

“Saya atas nama Negara dan TNI AD menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum, dia telah membuktikan bahwa dia adalah Petriot Sejati, Patriot Pembela Rakyat”, seraya berdoa, semoga segala kesalahan dan kekhilafan serta dosanya dapat diampuni dan amal baktinya diterima Tuhan Yang Maha Esa, dan seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kesabaran dan bimbingan serta perlindungan,” tambahnya.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Lantik 12 Duta Besar RI untuk Negara Sahabat

Dandim Raja Ampat juga menyatakan, insiden yang menimpa anggota Yonzipur 20/PPA tersebut sebagai bukti bahwa Prajurit TNI siap mengorbankan apapun, termasuk nyawanya untuk mempertahankan seluruh wilayah NKRI.

“Saya bangga karena selama pembinaan di Kodim Raja Ampat almarhum rajin dalam melaksanaan pembinaan sehingga dapat lulus menjadi Prajurit TNI AD, Selamat jalan kepada Almarhum Sertu Anumerta Miskel Rumbiak, Surga menantimu,” pungkas Dandim 1805/Raja Ampat.

Dalam kesempatan tersebut pihak keluarga yang merupakan ahli waris juga mendapat asuransi dan santunan dari Pangdam XVIII/Kasuari, Danrem 181/PVT, Zipur 20/PPA serta Asuransi dari Asabri

Ditempat terpisah Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati, SE., mewakili Pemda Raja Ampat dan masyarakat Kabupaten Raja Ampat menyampaikan duka yang sangat mendalam atas gugurnya Sertu Anumerta Miskel Rumbiak anggota TNI asal Raja Ampat salah satu Putra terbaik dari Kampung Friwen, Distrik Waigeo Selatan yang bertugas di Distrik Aifat Kabupaten Maybrat.

Abdul Faris umlati merasa kehilangan Putra terbaik raja ampat yang membawa nama baik keluarga dan pemerinta Raja Ampat untuk berjuang dan mengabdikan diri menjadi prajurit TNI. Ia pun mengutuk keras tindakan pelaku penembakan yang tidak memiliki rasa kasih terhadap sesama manusia dengan cara yang kejam dan berharap pelaku penyerangan tersebut segara ditangkap dan dihukum setimpal, kata Abdul Faris Umlati

Pemakaman secara militer ini dihadiri olah Letkol Inf Stevie J. Klots Dandim 1805/Raja Ampat, Kompol M. Nur Wakapolres Raja Ampat, Mayor Inf Yuli Agus Padang Pasi Pers Korem 181/PVT, Kapten Czi Deny Yudi Yulianto Wadanyonzipur 20/PPA, Perwakilan Asabri, keluarga dan warga masyarakat Kampung Friwen.
(Intan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here