Rosalina Kembau

Oleh: Matt Rey Kartorejo


Pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19, belum juga berakhir. Sebagian orang terpaksa harus menepi dari kebiasaan normal. Aktivitas sehari-hari pun harus menyesuaikan di tengah kondisi menjepit ini.

Ketika mencari pundi-pundi rupiah, juga harus menyesuaikan. Ketika ingin kerja di luar daerah, tentunya harus mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah, kemudian harus melakukan vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), ada kebahagiaan tersendiri yang dirasakan warga masyarakat di tengah pandemi. Publik Kotabunan Selatan (Kotsel) misalnya.

Pada bulan September 2021 lalu,
warga di wilayah hasil pemekaran Desa Kotabunan sumringah saat menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Desa (Pemdes)  Kotsel. Kepedulian pemerintah desa itu, menuai apresiasi dari warga setempat.

Rosalina Kembau (79) saat menerima BLT, ia sangat berterima kasih serta mengapresiasi apa yang dilakukan pemerintah desa yang dipimpin Rengga Paputungan itu. Meski jumlahnya tak banyak hanya Rp300.000., tapi bagi Rosalina, uang itu sangat berarti. Wanita yang akrab disapa Oma Ros itu, kelihatan sangat senang. Senyum bahagia terpancar jelas di raut wajahnya.

Oma Ros berucap, uang tiga ratus ribu rupiah itu, akan ia belikan untuk keperluan sehari-hari.

“Saya akan pergunakan untuk keperluan sehari-hari. Dan saya sangat berterima kasih kepada pemerintah desa yang telah memberikan bantuan ini,” tutur Oma Ros berbunga-bunga, sembari melangkahkan kaki keluar dari gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) tempat penyaluran BLT.

UCAPAN TERIMA KASIH DARI MEIKE DAN ROSITA

Setelah Oma Ros mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Kotabunan Selatan, tuturan yang sama terlontar dari bibir Meike Mahonis (38) dan Rosita Marsdesa (24).

“Sudah tiga kali dengan ini saya mendapatkan BLT. Uang ini saya akan belikan keperluan sehari-hari. Terima kasih banyak Pak Sangadi (kepala desa),” ucap Meike, warga dusun tiga Kotabunan Selatan.

Baca Juga :   Kisah Pohon di Desa Bulawan Yang Bikin Merinding

Begitu juga dengan Rosita. Nada positif mengalun dari bibirnya. Dia mengatakan jika bantuan itu akan ia dibelikan beras dan kebutuhan pokok lainnya. “Saya sangat berterima kasih karena pemerintah desa sangat peduli kepada masyarakat apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini,” ungkap Rosita.

Foto: Meike Mahonis dan Rosita Marsdesa.

Di dalam ruangan SKB Kotsel, Sangadi (Kepala Desa) Kotabunan Selatan Rengga Paputungan, didampingi Pendamping Desa, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan (Babinkamtibmas) usai menyalurkan bantuan BLT tersebut, dirinya sangat berharap masyarakat yang telah menerima bantuan agar digunakan dengan sebaik-baiknya.

“Saya selaku Sangadi Kotabunan Selatan berharap kepada warga masyarakat khususnya Kotabunan Selatan, agar bantuan BLT supaya digunakan dengan sebaik-baiknya,” ucap Rengga Paputungan.

UMKM DAN ASA PAPA ALAM

Perhatian Pemerintah Desa Kotabunan Selatan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) begitu besar. Usai memberikan BLT kepada ratusan warga, Sangadi Rengga kemudian menyalurkan bantuan bagi pelaku UMKM.

Hal itu ia lakukan sebagai wujud kepedulian serta perhatian terhadap warga Kotsel.

Tak ada kata lelah. Bagi Rengga, demi warganya, apapun akan dia lakukan. Sangadi Rengga tak pernah pilih kasih soal bantuan. Yang wajib menerima jadi prioritas. Nama-nama wajib menerima bantuan didata agar bisa menikmati bantuan. Ia selalu berharap warga Kotsel yang sudah disentuh bantuan, supaya dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

“Ini kami pemerintah desa sudah menyalurkan bantuan bagi kalian (Pelaku UMKM). Saya berharap bantuan ini jangan dijual. Bantuan yang kami berikan gunakan dengan sebaik-baiknya agar usaha kalian bisa berkembang,” harap Rengga Paputungan.

Rengga terus melakukan yang terbaik bagi publik Kotsel. Baginya, sekarang bagaimana memikirkan masyarakat yang ia pimpin. Pelayanan terhadap warga Kotsel di pun dimaksimalkan.

Baca Juga :   Kakek 65 Tahun Panjat Kelapa Ratusan Pohon Sehari 

“Jikalau ingin merubah diri kita menjadi yang terbaik, belajar melupakan masa lalu, memikirkan masa depan, dan masa yang akan datang.” Ucapan itu terlontar dari bibir pria yang akrab disapa Papa Alam itu.

Rengga Paputungan

Sikap Sangadi termuda di Boltim ini menuai pujian dari sejumlah warga Kotsel. Harapan dan doa pun terucap dari bibir mereka.

“Semoga Sangadi Rengga selalu diberikan kesehatan, dan selalu dalam lindungan Allah Tuhan yang Maha Kuasa. Sehat terus Pak Sangadi, mudah-mudahan selalu dalam lindungan Allah Aamiin,” ucap salah satu warga. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here