MOOAT, TotabuanExpress.co.id – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto S,Sos., membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) keamanan pangan bagi pelaku usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), yang berlangsung di wisata Goba Molunow, Kecamatan Mooat, Kamis (18/11/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Sachrul menyebutkan pemenuhan pangan yang aman dan bermutu merupakan hak setiap manusia, tidak terkecuali pangan yang dihasilkan oleh IRTP. Dalam rangka produksi dan peredaran pangan oleh IRTP, pelaku usaha perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan.

“Selain itu, di Boltim masih ada pelaku usaha yang tidak memiliki izin maupun nomor produksi industri rumah tangga,” tutur Bupati.

Maka dari itu, dalam rangka pemenuhan standar tersebut, Bupati Sachrul berharap, bahwa para pelaku usaha yang terkait dengan keamanan pangan wajib diberikan bimbingan teknis.

“Harapan saya, lewat kegiatan ini para pelaku usaha dapat lebih meningkatkan mutu produk usahanya sesuai dengan standar yang berlaku,” ucapnya.

Orang nomor satu di Boltim itu juga mengatakan, perhatian Pemerintah kepada para pelaku usaha dalam meningkatkan usahanya terus dilakukan. Salah satunya lewat unsur perbankan yakni KUR.

“Di mana KUR menyediakan fasilitas pinjaman usaha bagi pelaku usaha mikro, dengan bunga kecil. Ini sangat membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis atau usahanya,” tutupnya.

Terinformasi, kegiatan ini merupakan program dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boltim, sedangkan narasumber didatangkan langsung dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Manado.
(Rey)

Baca Juga :   Bupati Boltim Minta Sangadi Dalam Pengelolaan DD Tidak Ada Masalah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here