NUANGAN, TotabuanExpress.co.id – Ruas jalan yang menghubungkan antara desa Matabulu Timur dan Jiko Belanga Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), diterjang longsor.

Akibatnya peristiwa itu, badan jalan tertutup material tanah longsor dan satu tiang listrik serta kabel tertimpa pohon kelapa, Senin (20/9/2021).

Untuk mengantisipasi agar jalur tersebut bisa dilalui, alat berat milik Perusahaan PT Dinasty dan mobil tronton milik Perusahaan LBI (Lumbung Berkat Indonesia), dikerahkan di titik longsor.

“Pada hari ini Senin tanggal 20 September 2021 pukul 16.15 Wita telah tiba Alat Excavator di lokasi titik longsor di perkebunan Binuang Desa Jiko Belanga dan melakukan pembersihan material tanah longsor yang menutupi badan jalan dengan hasil titik pertama, kedua, ketiga dan keempat semuanya sudah bisa dilewati dengan kendaraan roda 2 maupun dengan roda 4,” kata Babinsa.

Atas peristiwa itu, Plh. Danramil 1303-05/Kotabuan memerintahkan Babinsa Serma Rahim dan Serda Javerson untuk mengawal alat berat menuju lokasi titik longsor di Desa Jiko Belanga, karena medan menuju ke titik lokasi longsor cukup rawan dan jalan yang sempit.

“Babinsa membantu masyarakat yang menggunakan kendaraan roda 2 dari Desa Jiko Belanga menuju ke arah Kotamobagu dan Tutuyan agar bisa melewati tanah longsor dengan menggunakan jalan alternatif,” terang Babinsa.

Babinsa juga mengimbau kepada masyarakat Jiko Belanga agar berhati-hati karena jalan cukup licin dan saat ini dalam perbaikan.

Menurut Babinsa, Kondisi saat ini jalan sudah bisa dilewati kendaraan roda 4 dan roda 2. Alber saat ini masih standby di lokasi titik longsor dan pekerjaan akan dilanjutkan pada besok hari karena alat berat tidak mempunyai penerangan (lampu sorot).

“Di Lokasi kejadian tidak ada sinyal telepon sehingga harus ke Desa terdekat (Desa Nuangan Selatan) yang jarak tempuh perjalanan kendaraan roda 2  sekitar 1 jam,” terang Babinsa.

Baca Juga :   Mamonto: Jaminan Kamtibmas Merupakan Salah Satu Syarat Terselenggaranya Proses Pembangunan Nasional

“Petugas PLN sampai saat ini sedang melakukan perbaikan tiang listrik dan kabel listrik yang tertimpa pohon kelapa dan serta berupaya malam ini aliran listrik bisa kembali normal. Kegiatan selesai pada pukul 18.45 Wita dalam keadaan aman,” tukas Babinsa. (*/Rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here