KOTABUNAN, TotabuanExpress.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) seriusi Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR).

Buktinya, pimpinan DPRD Boltim bersama komisi II saat melakukan kunjungan kerja, mengusulkan WPR di instansi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Wakil Ketua DPRD Boltim, Muhammad Jabir mengatakan, kunjungan kerja DPRD Boltim ini terkait status hutan lindung Simbalang dan izin pertambangan yang berada di wilayah Desa Tombolikat, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Boltim.

“DPRD mendorong pemerintah daerah untuk segera mengusulkan WPR agar masyarakat dapat beraktivitas sebagai penambang,” kata Jabir, Minggu (5/9/2021).

Legislator dari fraksi Nasdem ini mengungkapkan untuk persyaratan yang akan dijadikan WPR, daerah akan melakukan observasi untuk memastikan kelayakan wilayah tersebut.

“Syarat teknis terkait pengusulan itu salah satunya wajib bagi daerah untuk melakukan penelitian geologi. Untuk memastikan wilayah yang diusulkan sebagai WPR layak, terutama kandungan deposit emas memenuhi syarat,” tandasnya. (Rey)

Baca Juga :   Rumah Warga Desa Purworejo Dilalap Si Jago Merah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here