Pantai Cimoki di Kecamatan Nuangan.

BOLTIM, TotabuanExpress.co.id – Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), memiliki banyak sekali tempat wisata dengan pemandangan alam yang begitu mempesona dan tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sini. Memukau dan menuai decak kagum. Daratan Totabuan paling Timur menyimpan begitu banyak polesan alam nan indah yang belum terjahil tangan manusia.

Simak 7 keindahan alam yang dianugerahi Tuhan untuk Kabupaten yang ada di Timur Bolaang Mongondow.

1. Pantai Cimoki

Cimoki

Terletak di Kecamatan Nuangan, Pantai Cimoki adalah pantai yang sangat indah. Laut biru dengan pasir putihnya yang lembut serta terumbu karang yang cantik dijamin akan menyihir siapa saja yang berkunjung ke sini. Konon saking cantiknya pemandangan di sini, sampai-sampai yang berkunjung ke pantai Cimoki bukan hanya turis lokal tapi juga dari mancanegara. Pantai ini bagaikan surga bagi para pecinta pantai yang hobi menyelam.

Tebing-tebing megah yang berdiri kokoh sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto ria. Hamparan pasir putih nan alami jadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan liburan. Airnya yang jernih ditambah dengan batu-batu berukuran besar, menambah keindahan dan sangat memanjakan mata para pengunjung.

2. PULAU NENAS (Bombuyanoi)

Pulau Nenas (Bombuyanoi) di Desa Kotabunan Selatan.

Nama Pulau Bombuyanoi atau dikenal dengan pulau Nenas, sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Kabupaten Bolaaang Mongondow Timur (Boltim) maupun wisatawan dari luar Totabuan. Pulau Nenas merupakan surga wisata yang luar biasa indahnya.

Bagi pecinta tempat wisata, kurang lengkap jika belum menyambangi dan menjajaki indahnya panorama ke pulau berpasir putih nan alami ini. Pulau ini tak kalah cantiknya dengan Bunaken. Di lokasi ini terdapat spot-spot snorkling maupun diving yang begitu menakjubkan dan layak menjadi referensi bagi pecinta olahraga air.

Baca Juga :   Miliki Beragam Keindahan Alam, Pulau Kumeke Tampil Memukau

Pulau ini dapat ditempuh dari Desa Kotabunan selama 10 menit perjalanan menggunakan perahu mesin tempel atau speed. Sepanjang perjalanan menuju pulau ini, pengunjung akan disuguhi keindahan pulau-pulau lain yang tak kalah indah, alami serta berair jernih. Di Pulau ini, wisatawan akan menemui sebuah surga tersebunyi yaitu pasir putih alami.

Selain keindahan, perairan di sekitar pulau Nenas memiliki terumbu karang yang alami serta ikan beraneka ragam. Airnya yang jernih nan tenang memudahkan kita melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang berseliweran disana. Untuk itu jangan lupa jika berakhir pekan kunjungi tempat ini dijamin kamu akan terpukau.

3. TANJUNG SILAR DAN PANTAI PATOKAN

Pantai Potokan di Jiko Port.

 

Terdapat di Jiko Port Kecamatan Motongkad, Tanjung Silar dan Pantai Patokan siap menanti kedatangan anda dengan berbagai pesonanya. Tanjung Silar dan Pantai Patokan, pertama kali ditemukan pada 18 Oktober 2017 oleh pemuda bernama lengkap Andrew Daniel Sarundajang (23) asal desa Kotabunan Barat (Kobar) Kecamatan Kotabunan Boltim, dan teman-temannya yakni Gisel (21), Witaer (25), Ifanli(23), Aldo (24) dan Dami (22).

Sejak jadi viral, pesisir Patokan sudah sekitar ratusan ribu pengunjung yang datang menyaksikan keindahannya. Tepi laut Patokan sering disebut  Yunaninya Boltim, kerena identik dengan spot yang ada di Yunani.  Birunya laut dibalut dengan pasir putih yang luas, sungguh perpaduan yang luar biasa. Jika anda ke Boltim, dan belum mengunjungi tempat ini, berarti  belum lengkap datang ke tanah Totabuan paling Timur ini.

4. AIR TERJUN DODANDIAN

Air Terjun Dodandian di Desa Matabulu.

 

Tempat yang satu ini belum dikenal luas masyarakat umum.  Keindahannya tak kalah memukau dengan pesonanya. Air Terjun Dodandian yang terletak di Desa Matabulu Kecamatan Nuangan ini memiliki panorama alam bernilai estetika tinggi. Lokasinya berjarak kurang lebih 1 Km dari jalan raya. Objek wisata alam ini masih terjaga kealamiannya. Bagi yang haus akan keindahan alam, tempat itu layak dijadikan referensi untuk memanjakan mata. Apalagi komposisi alamiahnya, seperti pepohonan batu-batu besar dan air jatuh menjulang tinggi pasti memberi relaksasi bagi pengunjung.

Baca Juga :   Spot Area Hutan Mangrove Kotsel Dirusak

Nama Dodandian tersebut berasal dari Bahasa Mongondow. Artinya perjanjian. Dahulunya air terjun ini bernama Pangko’on.

5. DANAU MOOAT

Danau Mooat.

 

Danau Moat adalah danau yang berada di Kecamatan Modayag.  Nama danau ini berasal dari kata dalam bahasa Mongondow, Mo’oat, yang artinya “Tanah yang timbul di tengah air”. Di danau ini hidup Sidat Sogili  (Anguillacelebesensis). Danau ini berada dalam ketinggian sekitar 1.100 mdpl serta luasnya 617 ha.

Danau Mooat memiliki keindahan wisata pemandangan alam yang luar biasa, sehingga cocok berswafoto. Di samping itu infrastruktur memadai seperti toilet, tempat pertemuan dan cottage. Untuk menghilangkan penat dan menenangkan pikiran,  datanglah di Danau Mooat.

6. WISATA RIVER VIEW ATOGA

Wisata River View Atoga.

 

Bagi pelancong yang suka tantangan,  obyek wisata yang satu ini menyediakan berbagai tempat yang begitu menegangkan. Wisata  River View yang bertempat di Desa Atoga Timur, Kecamatan Motongkad, sangat pas di kunjungi untuk berakhir pekan. Destinasi wisata ini, dibuka awal Desember 2018. Bagi pengunjung yang suka menerima tantangan,  sudah disediakan spot-spot antara lain Sepeda Terbang (Zip Bike) dan Hot Air (Balon Udara).

Selain berekreasi, di tempat ini juga terdapat spot-spot yang sangat cocok untuk berfoto ria. Ada Kupu-kupu pelangi (Rainbow Baterfly), Sarang Burung (Bird Nest Selfie) Bunga Matahari (Sun Flower) dan Jembatan Bambu Pelangi (Rainbow Bridge).

Bagi pecinta kuliner, pemerinta desa setempat sudah menyediakan hidangan makananan khas Bolaang Mongondow. Gazebo-gazebo untuk penjualan kuliner pun berada di kawasan wisata.

7. TANJUNG LAYAR PULAU KUMEKE

Tanjung Layar Pulau Kumeke di Desa Bulawan.

 

Tanjung Layar Pulau Kumeke, destinasi wisata dengan pesona keindahan yang akan membuat pengunjung Terpukau. Tanjung Layar Pulau Kumeke terdapat di desa Bulawan, Kecamatan Kotabunan. Tempat ini punya daya tarik tersendiri. Memiliki berbagai spot pemandangan indah yang memukau, antara lain tebing megah menghadap laut terbuka yang pas untuk anda berfoto ria.

Baca Juga :   Manangin Sambut Kunjungan Diskominfo Kota Kotamobagu

Air pantainya berwarna biru muda bergradasi hingga berwarna biru, sangat menyejukan pikiran dan memanjakan mata. Keindahan akan biota lautnya pun berpadu dengan hutan eksotis di atas bukit, menjadikan obyek wisata yang satu ini begitu cocok untuk lokasi menyelam dan menjelajah alam pepohonan. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit dari desa Bulawan, anda sampai di tanjung yang berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) ini.

Jika memiliki rencana untuk berlibur ke Boltim, Tak ada salahnya Tanjung Kumeke menjadi tujuan utama dan masuk dalam list agenda liburan kamu.” Marijo datang ke Boltim” (Rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here