TUTUYAN, TotabuanExpress.co.id – Harga biji pala di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) kini bergerak naik hingga mencapai Rp55.000/Kg dari sebelumnya Rp40.000. Sedangkan fuli (pembungkus biji pala) juga bergerak naik dari Rp100.000 menjadi Rp230.000/Kg.

Hal ini sangat disyukuri para petani yang ada di Boltim. Di Desa Dodap Pantai, Kecamatan Tutuyan misalnya. Hengky Mangaronda (84) mengaku sangat senang dengan naiknya harga biji pala.

“Tentunya kami sebagai petani sangat bersyukur dengan naiknya harga pala.
Sebelumnya hanya 40 ribu per kilo sekarang naik 55 ribu per kilo dan bunga biji pala sebelumnya hanya 100 ribu, kini naik 230 ribu. Tentunya kami sebagai petani sangat senang,” tutur Mangaronda kepada media ini, Selasa (13/7/2021).

Kata dia, dengan naiknya harga biji pala, banyak pembeli dari luar daerah yang datang mencari tumbuhan yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku ini.

“Bagusnya pala, kalau berbuah, tidak berhenti. Dengan naiknya harga pala sekarang ini, banyak pembeli dari Kotamobagu dan Manado yang datang membeli. Ini sangat membantu terutama kami sebagai petani,” ungkap Warga Dusun 3 Desa Dodap Pantai ini. (Rey)

 

 

Baca Juga :   Disebut Sudah Sesuai Mekanisme, Bantuan Yang Disalurkan DKP Boltim Dikeluhkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here