TOMOHON, TotabuanExpress.co.id – Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Kelurahan Kolongan, Kecamatan Tomohon Tengah. Sejumlah inovasi dilakukan bersamaan dengan upaya memaksimalkan posko satuan tugas (satgas) Covid-19 kelurahan.

Hal itu disampaikan Kepala Kelurahan Kolongan, Kecamatan Tomohon Tengah, Jones A. Mait, S.H., saat diwawancarai media ini di ruang kerjanya, Jumat (23/07/2021).

“Untuk penanganan Covid-19 di kelurahan Kolongan, tentunya selalu mengacu pada aturan-aturan dan petunjuk dari atasan. Walaupun juga ada inovasi-inovasi strategi dari pihak kelurahan,” kata Mait.

“Apabila ada yang sudah terkonfirmasi dan melakukan isolasi mandiri, dari kelurahan secara langsung melakukan pelayanan kemanusiaan kepada yang terkonfirmasi dan keluarganya yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah,” tutur Mait.
Ia juga menjelaskan, dalam penanganan untuk menjaga sampai tidak melebarnya penyebaran Covid-19 di tingkat kelurahan, telah dilakukan kiat-kiat dan usaha-usaha pembuatan posko dengan dijaga petugas satgas Covid-19. Diakui, hal itu ternyata sangat memengaruhi dalam peningkatan penyebaran Covid-19.

“Dari efektivitas, itu sangat berpengaruh, bahkan boleh dibilang sangat efektif dalam penjagaan posko ini,” ujarnya.

Dari hasil evaluasi, belajar dari kelurahan-kelurahan lain di Tomohon, ada wilayah-wilayah yang belum melaksanakan posko-posko Covid-19. Faktanya, di daerah tersebut terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Tetapi ketika dilakukan penekanan dan penerapan posko-posko penanganan Covid-19, angka kasus menurun drastis.

“Kami juga bekerja sama dengan pihak gereja, para tokoh agama, sampai kami mengeluarkan satu keputusan atau kesepakatan untuk aturan-aturan yang kusus dilaksanakan di kelurahan kami. Jadi, kesepakatan itu lebih mendetail, dan teknis. Tapi tidak lari dari aturan yang diturunkan pemerintah provinsi dan pemerintah kota,” kuncinya. (Etzar Frangky Tulung)

Baca Juga :   Wujud Kepedulian Terhadap Masyarakat, Polres Tomohon Dan Alumni Akpol 1994 Salurkan Bansos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here