Oleh: Matt Rey Kartorejo

Bagi para pelancong yang memiliki hobi menyantap buah durian, datanglah ke Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Desa Buyat Selatan, Kecamatan Kotabunan, tempatnya.

Di sana, buah durian tetap ada meski tak musim. Buah dengan ciri khas yang tajam dan bau yang menyengat  ini, tersedia mencapai ratusan buah per harinya. Harganya pun terjangkau. Para penikmat buah ini jika mau menikmatinya, tidak susah lagi, sebab tempatnya cukup strategis berada di depan jalan Trans Sulawesi Desa Buyat Selatan.

Bermacam -Macam Rasa

Kualitas durian yang terdapat di Desa Buyat Selatan, sudah diakui. Ada bermacam rasa, tapi yang sangat disukai yaitu rasa manis. Namun sebagian orang ada yang doyan dengan rasa sedikit pahit.

Tonix, salah seorang pedagang durian menceritakan, durian yang ia jual sekarang ini dibeli dari Kota Palu.

Perhari kurang lebih 400 biji yang dibeli, tapi semuanya habis terjual. Dia pun mengaku jika masyarakat Boltim pada umumnya sangat menyukai buah durian.

“Hari ini kami ambil dari Palu 400 biji, tapi tetap habis. Memang saya akui orang Kotabunan dan Tutuyan hobi sekali makan durian,” ungkap Tonix.

Tonix mengatakan jika para pembeli dagangannya itu selain dari Desa Ratatotok, kebanyakan dari Kecamatan Kotabunan dan Tutuyan.

Selain tempat bertumpuknya buah durian, di tempat tersebut juga terdapat bermacam-macam buah-buahan. Ada semangka, duku dan masih banyak lagi.

Bagi kalian yang hobi dengan buah durian, mari ke Boltim. (*)

Baca Juga :   Kualitas Pendidikan di Boltim Diminta Lebih Ditingkatkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here