TUTUYAN, TotabuanExpress.co.id – Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) melakukan evaluasi anggaran di semua Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Kegiatan tersebut bertempat di aula Dinas Pendidikan, Senin (19/7/2021).

Terpantau, Bupati Sam Sachrul Mamonto, S. Sos langsung mengevaluasi progres capaian  realisasi anggaran sampai dimana target yang dicapai oleh semua SKPD.

“Kita sekarang harus kejar karena sebentar lagi sudah memasuki  APBD-P (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan, red) yang mana semua SKPD sudah harus selesai dalam capaian target atau realisasi anggaran dan berapa persen yang sudah dicapai dimana kita sudah masuk di semester dua,” kata bupati.

“Ini sangat penting untuk kita kejar karena kita sekarang dalam masa dimana indonesia sedang sakit sedang dilanda masalah pandemi covid 19 oleh karena itu sangat penting untuk memberikan bantuan – bantuan sosial dan itu terlebih pada dinas- dinas terkait yang berhubungan langsung dengan bansos agar sesegera mungkin menyalurkannya,” tegasnya.

Dalam rapat evaluasi Bupati Sachrul menyampaikan bahwa ada beberapa dinas anggarannya cukup besar. “Seperti Dinas Kesehatan, PUPR dan Dinas Pendidikan dan itu harus sudah rampung progresnya dan ini saya akan evaluasi semua tiap minggunya agar pada saat APBD-P tidak ada lagi kendala atau masalah pada perubahan anggaran nantinya,” ungkap bupati.

Dalam kesempatan itu pula masing – masing Kepala SKPD dipanggil dan dimintai penjelasan terkait progres realisasi anggaran. Hal itu bertujuan agar dapat diketahui sejauh mana anggaran diperuntukan dalam kegiatan baik fisik atau non fisik agar ketika memasuki anggaran perubahan semua sudah selesai dan harus dalam waktu yang tidak lama lagi. 

Ada beberapa SKPD yang progres anggarannya belum capai target itu dikarenakan kita masih dihadapkan dengan  pandemi covid 19 yang sebagian kegiatan masih tertunda Khususnya dalam pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK).  (Rey)

Baca Juga :   Landjar Pimpin Rapat Evaluasi Kinerja dan Penyerapan Anggaran SKPD Tahun 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here