Lilian Asafi

Oleh: Matt Rey Kartorejo


Setelah menyajikan 3 cangkir kopi hitam, wanita yang akrab disapa Lili itu terus menceritakan kisah bioskop Citra. Kata Lili, dalam semalam film di bioskop Citra diputar sampai dua kali dan bahkan kadang sampai tiga kali.

“Ret pertama pada pukul 08.00 Wita, dan ret kedua Pukul 10.00 Wita. Kalau ada film yang menarik, kadang diputar sampai tiga ret” tutur Lili.

Nama lengkapnya Lilian Asafi. Ia akrab disapa Lili. Ia adalah anak dari pemilik Bioskop Citra.

Foto: Lokasi pertama Bioskop Citra Kotabunan. Sekarang sudah dibangun pabrik es.

Desa Kotabunan, Kecamatan Kotabunan, merupakan salah satu wilayah yang terletak di Timur Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Tahun 80-an, sebelum dimekarkan, pusat keramaian di desa itu terletak di Dusun 4. Sekarang wilayah itu masuk Kotabunan Selatan. Di sana ada sebuah tempat yang menjadi pusat hiburan masyarakat di kala itu. Namanya Bioskop Citra.

Kehadiran Bioskop Citra menjadi salah satu alasan keramaian di sebelah pantai Dusun 4 Kotabunan itu.

Tahun 1987, keramaian kian terasa saat gedung bioskop Citra dibangun di tempat yang lebih strategis. Letaknya tak jauh dari bangunan Bioskop Citra yang lama. Bioskop Citra mulai ramai dikunjungi lantaran mampu menyajikan berbagai genre film. Mulai dari film Nusantara hingga film Hollywood dan Bollywood.

Diceritakan Lili, kala itu dirinya pernah menjadi tukang karcis. Waktu itu, menurutnya, meski tiket bioskop terbilang cukup murah, namun pendapatan setiap malam mencapai jutaan rupiah.

“Film yang cukup digemari pada masa itu, film India. Apalagi kalau Nona-nona dan Nyong-nyong, mereka lebih suka film India karena mereka lebih suka berlama-lama. Waktu itu karcis hanya 500 rupiah, tapi pendapatan per malam itu sampai jutaan rupiah,” ungkap Lilian saat berbincang ringan di kediamannya, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga :   16 Peserta UKW Dinyatakan Berkompeten

Pusat keramaian di Dusun 4 Kotabunan itu terus berlanjut hingga beberapa tahun. Seiring waktu berjalan, bioskop Citra mulai mengalami penurunan dan akhirnya resmi tutup di tahun 1994.

Foto: Lokasi Bekas berdirinya Bangunan Bioskop Citra Kotabunan yang terletak di Dusun 4 Kotabunan, sekarang masuk wilayah Kotabunan Selatan.

Sisa-sisa bangunan Bioskop Citra hingga saat ini masih nampak meski tinggal pondasi yang terlihat. Alasan bioskop Citra ditutup karena pemiliknya sudah tidak lagi serius menangani usaha itu.

“Waktu itu ayah saya pergi ke Ujung Pandang dan sudah tidak memperhatikan lagi bioskop Citra, sehingga ditutup,” ungkap Lili. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here