PINOLOSIAN, TotabuanExpress.co.id – Guna membantu petani dalam prosesi pengeringan gabah dengan tujuan menghasilkan beras yang bagus dan mempunyai nilai jual yang memuaskan, Babinsa Koramil 1303-06/Pinolosian Serda Hariono ikut membantu petani menjemur padi di Desa Mataindo, Kecamatan Pinolosian Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kamis (2/1/2021).

Dengan selesainya masa panen di lahan para petani di wilayah binaan salah satunya milik  Rahimin Makalalag, Babinsa turut merasakan kegembiraan dan merasa bangga sehingga menyempatkan diri untuk bersama-sama menjemur padi hasil panen dari lahan seluas setengah hektare yang menghasilkan gabah dua koma lima ton dengan varietas padi jenis ciherang.

Pendampingan petani yang dilakukan oleh Babinsa bertujuan untuk meningkatkan produksi padi dan mensukseskan Program Pemerintah dalam mewujudkan Swasembada pangan Nasional di wilayah binaannya.

Serda Hariono mengatakan, proses pengolahan gabah menjadi beras melalui proses pemanenan, perontokan pengeringan penggilingan dan penyimpanan Gabah di panen pada tingkat kadar air sekitar 22% sampai 25% basis basah.

“Gabah dengan kadar air demikian tidak dapat langsung digiling karena kulitnya masih cukup basah sehingga sukar pecah dan terkupas. Gabah perlu di keringkan hingga kadar airnya berkisar 14% basis basah,” ucap Babinsa.

Lanjutnya, “Jika gabah tidak segera di keringkan akan terjadi kerusakan pada butir beras yang akan di hasilkan ditandai dengan warna beras yang tidak bagus bisa putih Gabah dengan kadar 15% tidak mempunyai ketahanan jika di simpan dalam waktu lama,’’ ujar Serda Hariono.

Salah satu permasalahan klasik yang di hadapi petani dalam menjual padi hasil panen miliknya, adalah karena faktor kadar air. “Untuk menyelesaikan masalah itu di butuhkan area penjemuran yang baik dan cuaca yang cerah untuk meningkatkan kualitas padi,” pungkasnya.

Baca Juga :   Pilkada 2020, Bawaslu Matangkan Pengawasan Tahapan Pencalonan

Sementara itu, Rahimin Makalalag menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Babinsa yang sudah memberikan pengetahuan serta membimbing para petani, mulai tahap demi tahap dengan langkah-langkah yang benar agar hasil panen maksimal.

“Babinsa yang setia mendampingi para petani, tidak segan-segan untuk datang dan hadir ketengah tengah kelompok tani, untuk menularkan dan membimbing para petani binaannya, harapan kami dengan adanya Babinsa yang selalu proaktif mendampingi petani, kita akan lebih maju sehingga terealisasi apa yang menjadi keinginan pemerintah untuk menjadikan petani sejahtera,” tutur Makalalag. (Rizky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here