TONDANO, TotabuanExpress.co.id – Upaya meningkatkan daya beli masyarakat di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), jadi perhatian serius pemerintah. Berbagai stimulus ekonomi pun dilakukan. Salah satunya dengan menyalurkan bantuan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM).

Di Kabupaten Minahasa, bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) itu, akan menyasar 2130 pelaku usaha. Itu terlihat dalam penyerahan secara simbolis terhadap 50 pelaku usaha di Aula Benteng Moraya, Tondano, Selasa (15/09).

Bupati Minahasa, Ir Royke Octavian Roring dalam sambutannya mengatakan, bantuan ini sebagai upaya konkret pemerintah yang masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Di tengah Covid-19, Pak presiden dan Pak Gubernur, serta Pemkab Minahasa, telah memprogramkan banyak bantuan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi virus corona,” ujar Roring.

Ia menjelaskan, program ini merupakan bagian dari 5 skema besar dalam perlindungan ekonomi UMKM yaitu pelaku usaha kategori miskin yang rentan terdampak Covid-19, insentif perpajakan, pemberlakuan perluasan pembiayaan UMKM berupa stimulan dan modal kerja, kemitraan dengan BUMN dan Pemerintah Daerah yang akan menjadi penyangga ekosistem UKM terutama pada tahap pemulihan dan konsolidasi usaha.

“Program ini juga merupakan bantuan produktif bagi pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan pinjaman bank dan lembaga keuangan non bank lainnya sebagai modal usaha menghidupkan kembali usaha yang terdampak Pandemi Covid 19 agar tetap produktif dan eksis di tengah krisis,” ucapnya.

Selebihnya, Roring berharap agar bantuan ini untuk bisa dipergunakan dengan baik.

“Gunakan dengan baik untuk menunjang usaha di masa pandemi Covid-19 ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Minahasa, Moudy Lontaan menjelaskan, sebelumnya, Pemkab Minahasa telah mengajukan 28.263 pelaku usaha.

Baca Juga :   Bupati Boltim Warning Aparat Desa Jarang Masuk Kantor

“Yang sudah lengkap 15. 231 orang dan yang sudah siap menerima 2130 orang. Sementara yang masih diperbaiki ada 13.032 orang,” terangnya

“Untuk jumlah uang Rp 2,4 juta,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Cabang Bank BRI Tondano, Taswin Tajudin menambahkan, pihaknya sudah siap untuk menyalurkan program nasional ini.

“Jadi sebagai salah satu bank yang dipercayakan, kami tentu sudah siap,” katanya

Pihaknya juga sudah menyiapkan 7 unit BRI yang akan menyalurkan bantuan itu.

“Di Tondano dua, ada juga di Tataaran, Sonder, Pineleng, Langowan dan Kawangkoan,” timpalnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Minahasa Ir. Wenny Talumewo, Kepala Cabang BRI Tondano Taswin Tajuddin, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Minahasa Moudy Lontaan. (Kharisma Kurama)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here