TONDANO, TotabuanExpress.co.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits R. Muntu, S.Sos menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pilkada serentak Tahun 2020 dan Pengarahan Gugus Tugas Covid 19 di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Kamis (16/07).

Kegiatan ini dilakukan dalam Kunjungan Kerja Menteri Dalam Negeri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A, Ph.D yang digelar di Kantor Gubernur Sulut sekitar pukul 19.00 Wita dengan menerapkan protokol Covid 19.

Masyarakat Minahasa Diminta Maknai Rangkaian Peringatan Hut RI Kumandangankan Lagu Indonesia RayaRakor Penyederhanaan Birokrasi, Muntuh; ASN Sebagai SDM Yang Harus KompetenWabup RD Ikuti Rakor Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan

Dalam arahan, Mendagri menyampaikan, bicara Covid-19 tidak bisa hanya bicara soal kesehatan. Harus menyeluruh bicara kesehatan, sosial dan perekonomian.

”Saya tahu cara membuat ekonomi hidup, tapi saya tidak tahu membuat orang mati hidup kembali,” kata Mendagri dalam kutipannya.

Dienjelaskannya bahwa, tanpa ekonomi lama kelamaan pemerintah akan lemah menangani kesehatan. Jika ekonomi jatuh maka negara tidak akan mampu membuat kesehatan meningkat, membuat karantina, membuat rapid tes, PCR sebanyak banyaknya semua tidak turun dari langit, tidak mungkin tanpa uang. Dampak sosial akan lebih sulit ditangani. Tinggal di rumah untuk menghindari Covid 19 pun bukan solusi malah akan melemahkan imun tubuh.

Dalam kunjungan kerja kali ini Mendagri juga membahas pelaksanaan Pilkada serentak dan meminta dukungan penuh seluruh Stekholder untuk Pilkada serentak 2020 agar berjalan Luber, Jurdil, aman dari Covid 19.

Ia juga mengimbau saat masa – masa pendaftaran agar kerumunan Sosial tidak terjadi, apalagi yang biasanya ramai-ramai melakukan konvoi tidak di perbolehkan, di batasi hanya Pendaftar saja dan beberapa orang Timnya dan yang lain hanya Virtual. ”Pada saat Pemilihan juga harus menyediakan tempat untuk mencuci tangan dengan sabun, dan menyediakn Handsanitizer serta memakai masker saat pemilihan,” ujar Tito

Baca Juga :   Desa Molobog Timur Minta Segera Diresmikan

Rapat ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A, Ph.D, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE forkopimda, Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen, bupati/wali kota se Sulut dan ketua KPU dan Bawaslu se Sulut. (Kharisma)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here