KOTABUNAN, TotabuanExpress.co.idDESA Kotabunan Selatan (Kotsel) Kecamatan Kotabunan,  terletak di Wilayah Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Desa ini hasil pemekaran dari Desa Kotabunan pada tahun 2013 dan sekarang Kotabunan terbagi tiga desa yaitu Kotabunan, Kotabunan Barat dan Kotabunan Selatan.

Kepala Desa (Kades) Kotabunan Selatan (Kotsel) Rengga Paputungan, menjelaskan, Desa yang terletak di pesisir ini, sebelah barat berbatasan dengan Desa Kotabunan Barat, sebelah timur berbatasan dengan laut Maluku, sebelah utara berbatasan dengan Kotabunan Induk dan sebelah selatan berbatasan dengan Desa Paret Timur.

Lanjut Rengga menjelaskan,  Luas wilayah Desa Kotabunan Selatan sekitar 400 Hektar. dengan jumlah penduduk kurang lebih 928 jiwa dari 228 Kepala Keluarga (KK). Kepala Desa (Sangadi) pertama kala itu, yaitu RL. Paputungan sebagai penjabat yang ditunjuk langsung oleh Bupati Boltim Sehan landjar. RL Paputungan menjabat Kepala Desa Kotabunan Selatan, kurang lebih tiga tahun dari 2013-2014-2015. Di tahun 2016, dengan lahirnya undang-undang nomor 6 tahun 2014, penjabat Kepala Desa Kotsel mendapat perintah dari Bupati Sehan Landjar untuk membentuk panitia pencalonan Kepala Desa Kotsel agar  dilakukan pemilihan di tingkat desa.

Alhamdulillah pemilihan kepala desa berjalan dengan baik dan Sangadi yang terpilihkala itu adalah saya sendiri. Saya sangadi Kotsel pertama yang dipilih masyarakat  masa bakti 2017-2022,” ujar Kepala Desa Kotsel, Rengga Paputungan, Rabu (27/11).

Pulau Nenas di Kotabunan Selatan

Lanjut Rengga mengatakan bahwa Desa Kotsel mempunyai potensi alam yang luar biasa dimana pulau Bombuyanoi (Nenas) masuk dalam kawasan Kotssel. Selain pulau berpasir putih alami itu, di wilayah kotsel juga terdapat hutan bakau dan Gunung Kora-kora yang sangat indah.

Gunung Kora-Kora di Kotabunan Selatan

“Setelah kurang lebih tiga bulan berjalan, tahun pertama kami mendapat Dana Desa (DD) 1,2 Miliar. Kami musyawarahkan untuk merancang kegiatan Persiapan Rencana Kerja Pemerintah. Dalam musyawarah kami melibatkan BPD , Toko Masyarakat, Toko Pemuda, Toko Perempuan juga Tim Penggerak PKK Desa Kotabunan Selatan. Hasil musyawarah, kita sepakat membangun gedung Sanggar Belajar Seni Anak dan Remaja,” terang Rengga.

Baca Juga :   Peduli Masyarakat, Amalia Ramadhan Harap Pemkab Boltim Buat Program IMB Rumah Bersubsidi

“Kemudian kami membangun TK Paud yang terletak di Dusun II dan dusun III, juga pembangunan draenase sepanjang 400 meter yang ada di dusun II,” sambungnya.

Kepala Desa termuda di Boltim ini menambahkan, sejauh ini pihaknya juga telah menyalurkan bantuan kepada warga Kotsel, berupa alat-alat pertanian dan nelayan, alat tukang perbengkelan hingga memasangkan meteran listrik kepada warga masyarakat Kotabunan Selatan.

Lebih jauh Rengga mengatakan, bahwa ditahun ke II pihaknya banyak sekali menciptakan ide-ide kreatif demi kesejahteraan masyarakat. Bahkan di tahun ketiga lanjut Rengga,  Pemdes Kotsel bermusyawarah dengan BPD dan melibatkan warga masyarakat Kotsel untuk membangun tempat wisata yang berlokasi di area hutan mangrove. “Jenis kegiatannya adalah spot area dan juga kita disitu ada kegiatan Budi Daya Kepiting yang sampai hari ini tinggal menunggu waktu yang tepat untuk merealisasikannya,” tutur Rengga.

Hutan Manggrove Kotabunan Selatan

“Dan kami juga telah membentuk pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) nantinya kegiatan-kegiatan akan diserahkan ke Bumdes biar Bumdes yang mengelolanya. kita akan mempekerjakan warga masyarakat Kotabunan Selatan dan direkrut lewat masing-masing bidang unit usahanya ,” timpalnya.

Rengga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan daerah yang telah mempercayakan untuk mengelola Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat dan juga  pemerintah daerah, dalam hal ini Bapak Bupati Sehan Landjar yang sudah mempercayakan kami untuk mengelola Dana Desa dan Alokasi Dana Desa mudah-mudahan dengan dana desa kita bisa membangun desa kita secara mandiri. Saya juga sangat berterima kasih kepada aparatur yang sudah turut bertanggung jawab atas kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan dan sudah kita capai bersama,” ucapnya.

Baca Juga :   Pengurus Masjid Al' Ikhlas Kotabunan Berbagi

Ucapan terima kasih juga tak lupa Rengga sampaikan kepada warga masyarakat Kotabunan Selatan yang selalu mendukung program pemerintah desa.

“Terima kasih kepada lembaga pembahasan BPD dan  kepada seluruh warga  masyarakat Kotabunan Selatan, semoga apa yang menjadi mimpi kita akan segera terwujud dan bisa menjadi desa yang maju. Mototompiaan Mototabian Bo Mototanoban,” tuntasnya.

(rey)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here