TONDANO, TotabuanExpress.co.id – Dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa gelar rapat koordinasi (Rakor)  dan evaluasi bertempat di ruang siding Kantor Bupati Jumat (29/11).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey menyampaikan, bahwa  acara tersebut sebagai salah satu upaya membantu aparatur guna memahami arti dan makna dari pada realisasi penerimaan asli daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Minahasa.

“Peningkatan pendapatan asli daerah merupakan salah satu penunjang program prioritas pembangunan Kabupaten Minahasa,” ujar Dondokambey.

Dia berharap, rapat tersebut dapat memberikan gambaran sejauh mana upaya dalam penerimaan dari sektor PAD.

“PAD tidak hanya salah satu penentu keberhasilan pemerintah untuk mencapai visi dan misi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang menjadi tanggung jawab , tetapi juga berfuksi sebagai alat alokasi distribusi dan stabilisasi, sebagai alat alokasi pendapatan daerah, berperan penyediaan sumber ekonomi yang dibutuhkan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui system perpajakan yang dibebankan kepada masyarakat, dimana pemanfaatannya nanti harus dilakukan secara proporsional dan efisien sesuai kebijakkan daerah,” urainya.

Wabup juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih serta memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada parakepala organisasi perangkat daerah pengelola PAD dan juga para Camat yang telah bekerja dengan sunggu-sunggu demi terealisasinya penerimaan PAD.

“Hal ini merupakan salah satu barometer didalam penilaian kinerja saudara-saudara. Untuk menciptakan sisten pengelolaan pendapatan daerah yang efektif efisien transparasi dan akuntabilitas, maka diperlukan aparatur pengelola yang trampil dan handal yangmampu menjawab tantangan system menejemen pendapatan daerah, serta dapat mengoptimalkan segenap kemampuan dalam pengelolaan potensi-potensi pendapatan daerah yang ada demi peningkatan dan pelayanan kesejahteraan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga :   Kesulitan Cari Masker, Pemkab Minahasa Bakal Berdayakan Penjahit

“Terima kasih kepada para Camat dimana data yang ada pada badan pengelola pajak dan retribusi daerah Kabupaten Minahasa penerimaan pada sekor PBB-P2 terjadi peningkatan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan tahun yang lalu,” pungkasnya.

Acara tersebut turut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa DR Denny Manggala, Inspektur Daerah Kabupaten Minahasa Ir. Alva Montong, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Darah Joudi Kapoyos, SH, MAP,  Para kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Camat se Kabupaten Minahasa.

(thety)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here